Friday, April 22, 2011

3 Idiots All Izz Well | Film Motivasi

Film Motivasi 3 Idiots

Film motivasi ini diawali dari cerita tiga orang sahabat yaitu Rancho (Khan), Raju (Joshi) dan Farhan (Madhavan) yang kuliah bersama di universitas Imperial College of Engineering, salah satu yang terbaik di India. Mereka bertiga terdaftar di sana untuk bidang studi teknik. Film ini dimulai denga alur maju tapi sekitar seperempat jam kemudian kilas balik dimulai. Saat kuliah adalah bagian awal dari kilas balik, yang diceritakan oleh Farhan.



Awal cerita adalah peristiwa tanggal '5 September'. Chatur RamalingamItu menempatkan taruhan dengan Rancho pada siapa yang akan berhasil dalam hidup dalam waktu sepuluh tahun.

Setelah 10 tahun berlalu, Chatur mengajak Raju dan Farhan menemui Rancho, untuk melihat siapa yang paling berhasil dalam hidup. Ketika mereka melakukan perjalanan untuk menemukan Rancho, yang telah hilang, mereka mengalami banyak peristiwa. Salah satu adegan dari cerita ini adalah saat mengetahui identitas Rancho yang sebenarnya.

Kemudian perjalanan mereka untuk mencari Rancho berlanjut, kilas balik ke 10 tahun yang lalu semakin membuat seluruh gambar lebih jelas tentang kehidupan mereka.

Dari kilas balik, diketahui bahwa Rancho adalah mahasiswa yang sangat cerdas dengan potensi tinggi tapi dia tidak menyukai sistem pendidikan yang diterapkan saat itu,

Seringkali dia menantang para profesor dan dosen di kelas dengan ide-idenya. Rancho bahkan menantang kepala kampus, Profesor Sahastrabudhhe. Beliau benar-benar muak dengan kelakuan Rancho.

Profesor selalu mencoba untuk memecahkan ikatan persahabatan yang kuat antara Rancho, Raju dan Farhan. Profesor Sahastrabudhhe memanggil orang tua Raju dan orangtua Farhan, kemudian menginformasikan kepada orang tua mereka tentang ancaman kalau Rancho mengganggu pendidikan anak-anak mereka.

Meskipun Rancho selalu dimusuhi para profesor dan tidak memerhatikan di kelas, tetapi Rancho selalu mendapat nilai terbaik dalam ujian. Ini kontras dengan kedua temannya yang sering mendapatkan posisi terakhir dalam hasil ujian.

Demikian sekilas review ceritanya. Untuk selebihnya silakan untuk menonton langsung filmnya.

Secara pribadi, saya sangat menyukai film ini karena pesannya berkaitan erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Misalnya, orang tua yang menentukan nasib karier anak-anak mereka saat mereka lahir. Padahal anak-anak memunyai cita-cita mereka sendiri. Dan tidak seharusnya diatur atau dikekang. Karena mungkin keinginan orang tua berbeda dengan yang diinginkan oleh anaknya. Sehingga anak akan menjalaninya setengah hati tidak maksimal. Justru dengan mengembangkan keinginan kita, maka akan bisa maksimal.

Pesan lainnya adalah banyaknya siswa yang bunuh diri karena tekanan pendidikan terhadap sistem pendidikan yang terlalu kaku. Di mana orang yang memiliki visioner ke depan kurang dihargai sementara kutu orang yang menghafal buku teks dihargai

Kata-kata ajaib yang dibuat oleh Rancho, "All Izz Well", memunyai makna bahwa kita harus fokus pada masa sekarang dan hidup itu seperti apa adanya, tidak mencemaskan masa depan. Tapi berusaha yang terbaik untuk saat ini dan sekarang.

Selain itu, Rancho mendobrak sistem pendidikan di India dengan membuat sekolah sendiri yang kondusif untuk pertumbuhan bakat anak-anak. Kata-kata lain dari Rancho adalah “Choose excellence – and success will follow.” (like this very much)

Sangat bagus untuk ditonton, recommended, makna ceritanya dalam. Oke selamat menonton.

Film Motivasi 3 Idiots

Film Motivasi 3 Idiots

No comments:

Post a Comment